Revolusi Industri 4.0 – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Cabang Jember mengadakan Dialog Interaktif (minggu, 20/01) dengan tema “Kontribusi PMII dalam Pembangunan Nasional di Era Industri 4.0” yang diadakan di AULA INAIFAS Kencong Jember. Acara dialogis ini dihadiri oleh 75 peserta dari berbagai kalangan. Acara dimulai sekitar pukul 11.00 hingga selesai.

Pemateri Dialog Interaktif – dari kiri Sahabat M Nur Purnamasidi, Sahabat Aminnullah dan Sahabat sahabat Ahmad Taufik

Narasumber pertama sahabat M. Nur Purnamasidi menyampaikan beberapa poin diantaranya adalah: Pertama PMII harus merebut posisi jabatan strategis (baik eksekutif maupun legislatif). Kedua Pemberian akses bagi orang PMII dalam penyusunan dan pembuatan kebijakan atau perundang-undangan. Ketiga Peran alumni/IKA-PMII harus menjadi jembatan atau penghubung antara alumni PMII yang berhasil duduk di possisi strategis dengan alumni maupun kader yang masih aktif berporses di PMII. Dan Keempat industri yang dihasilkan secara manual bisa terakomodir dan terakseskan secara efektif dan efisien.

Nara sumber kedua sahabat Ahmad Taufik menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 memberikan dampak yang besar sehingga aktor (baik eksekutif maupun legislatif) dapat memanfaatkan moment revolusi industri 4.0 dengan kepentingan masing-masing. “Aktor yang memiliki kemampuan fleksibilitas akan mampu memanfaatkan moment ini” lanjunya. Lebih lanjut  disampaikan bahwa “banyak aktor yang justru tidak bisa menangkap rill masalah, rill basis, dan rill value”.

Sahabat Aminullah selaku nara sumber ketiga menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 sudah diramalkan oleh banyak kepercayaandi masyarakat semisal ramalan Jayabaya. Sahabat Aminullah menekankan bahwa revolusi industri 4.0 adalah nyata, sehingga perlu kemandirian baik mental maupun financial untuk mengarunginya. Untuk menemukan kemandirian, “kader PMII harus memiliki jiwa inovatif dan kreatifitas” ungkap Sahabat Aminulah.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.