Lembaga pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu (LP3M) Universitas Jember telah merampungkan naskah akademik pengusulan KH. Achmad Shiddiq sebagai pahlawan nasional.

KH Achmad Shiddiq dinilai sebagai tokoh kharismatik Jember yang berhasil menerjemahkan dan berada di garda depan dalam penerimaan asas tunggal Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Kita sudah sampaikan kepada Pak Rektor untuk menindaklanjuti hutang kepada masyarakat tersebut,” tutur Ketua LP3M Unej, Akhmad Taufik, saat FGD pengusulan KH Achmad Shiddiq, Rabu (28/11/2018).

Ia mengatakan LP3M Unej juga akan melengkapi naskah akademik tersebut dengan dokumen-dokumen dan juga surat dukungan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh politik bahwa KH Achmad Shiddiq merupakan tokoh nasional dan layak diusulkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Kita juga undang dalam FGD ini Tim dari Situbondo yang mengusulkan KH. As’ad sebagai Pahlawan sebagai komper bagaimana proses ini dikawal dan seterusnya,” ujarnya.

Taufik mengungkapkan bahwa alasan pengusulan pengusulan KH. Achmad Shiddiq sebagai Pahlawan Nasional bukan tanpa alasan. Salah satunya, KH Achmad Shiddiq adalah Rois ‘Am PBNU periode 1984-1991 ini dinilai sangat berjasa terhadap bangsa dan negara khususnya dari sisi ideologis.

“Kontribusi besar beliau ketika Munas 1983 dan Muktamar 1984, beliau mampu menerjemahkan, menafsirkan dan merenggangkan konflik yang tegang pada tahun 80an terkait relasi agama dan negara,” jelasnya.

Setelah ini kata Taufik, naskah akademik akan disempurnakan dan segera diuskan kepada pemerintah pusat melalui Bupati Jember.

“Untuk itu, setelah ini kita akan berkomunikasi dengan Pemkab sehingga penetapan KH. Achmad Shiddiq sebagai pahlawan nasional bisa cepat terealisasi,” ucapnya.

Sumber: timesjakarta.com

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.